literasi dan numerasi

Ide Media Pembelajaran Terbaik untuk Literasi dan Numerasi

Dalam mengajar, guru sudah seharusnya menyajikan media pembelajaran yang menarik untuk siswa. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran di kelas, khususnya dalam materi literasi dan numerasi.

Namun, Anda tak bisa seenaknya menggunakan media pembelajaran secara serentak. Kenapa? Karena tak semua media cocok untuk tiap mata pelajaran. Artinya, Anda harus bijak untuk memilih media yang tepat sehingga hasilnya pun tepat.

Pentingkah Media Pembelajaran Literasi & Numerasi?

Literasi numerasi seolah menjadi momok saat ini. Ini karena keterampilan tersebut terdengar seperti baru sejak tergantikannya UN oleh AN (AKM). Sehingga, tak jarang anak merasa enggan mempelajarinya apalagi tolak ukurnya adalah dua materi dasar yang butuh latihan setiap hari.

Artinya, sama halnya dengan materi lain, guru pun dapat menerapkan media pembelajaran untuk keterampilan literasi dan numerasi. Dengan demikian, anak tak merasa kesulitan menyerap ilmu yang dianggap masih sangat hangat tersebut meski kenyataannya tidak.

Dalam hal ini, media pembelajaran sangat berperan untuk membantu kesuksesan penerapan literasi numerasi dalam kegiatan sehari-hari. Hal yang menjadi momok akan menjadi makanan sehari-hari, dan bagi siswa semua akan terasa mudah menyenangkan saat konsep pembelajarannya pun menyenangkan.

Ide Media Pembelajaran Literasi & Numerasi

Ada banyak media pembelajaran dan guru bebas memilih serta mengaplikasikannya. Namun, guru wajib menyesuaikan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah media pembelajaran yang cocok untuk literasi dan numerasi:

Ular tangga

Siapa yang tak tahu permainan ini? Ya, ini adalah permainan legendaris sejak masa kanak-kanak dan sangat asyik memainkannya meski sudah remaja. Anda bisa menjadikan ular tangga sebagai media belajar literasi dan numerasi, misal tiap kotak berisi soal cerita (membaca dan Matematika), dan anak wajib menjawabnya saat posisinya tergeser/turun.

Dengan permainan ini, Anak akan belajar menerapkan konsep yang sudah Mereka pelajari dengan cara unik dan menyenangkan. Sehingga, Mereka tak bosan dan bersemangat untuk mengulang penerapannya lagi.

Permainan ini pun akan membawa siswa masuk ke masa lalu dan melestarikannya mengingat sekarang permainan serba digital. Hanya saja, ular tangga sedikit memakan waktu dan butuh persiapan khusus untuk merancang medianya.

Komik

Hampir tiap siswa pasti menyukai komik apalagi jika komik tersebut penuh dengan gambar yang menarik. Anda dapat memanfaatkannya sebagai media grafis dalam pembelajaran. Dengan media bergambar ini, Anak akan merasa fresh dan tak jenuh untuk membacanya. Kenapa? Ini karena visualnya sangat menarik perhatiannya.

Dengan komik, materi akan semakin jelas, siswa lebih tertantang dan memahami materinya degan baik, menarik minat baca dan penerapan konsep, hingga menumbuhkan rasa penasarannya yang tinggi dan akan aktif untuk bertanya.

Media ini bisa diaplikasikan untuk siswa dalam level apapun, apalagi Sekolah Dasar. Media dengan alur menarik dan gambar yang berwarna cantik akan memberikan kesan indah dan membuat anak ingin selalu melihat serta membacanya. Anak pun akan mengingat tiap detail kejadian dalam cerita. So, secara tak langsung, anak telah menghafal dan menerapkannya.

Dari dua media pembelajaran di atas, apakah ada salah satu yang menarik minat Anda? Sebenarnya, masih ada banyak media lain untuk meningkatkan skill literasi dan numerasi di dunia pendidikan. Yang pasti, saat menerapkan suatu media belajar, Anda wajib menyeimbangkan materi dan level kesulitannya. Sehingga, siswa bisa menikmati pembelajarannya dan mendapatkan hasil yang baik, tanpa ada keluhan ataupun hambatan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *