Investasi UMKM

Ingin Mencoba Usaha Catering Makanan Sehat, Simak Tips Berikut

Dalam beberapa waktu terakhir ini, gaya hidup sehat tengah menjadi tren yang cukup diminati di kalangan masyarakat. Tren ini bisa dimulai dengan rutin melakukan olahraga hingga mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini dapat dikatakan dipicu karena adanya pandemi covid-19 yang membuat banyak orang lebih sadar akan kebersihan dan kesehatan.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat terhindar atau meminimalisir penularan virus dengan meningkatkan imun tubuh. Salah satu produk yang laris diburu adalah makanan sehat, tidak hanya masker, hand sanitizer dan multivitamin saja.

Tren ini lebih populer lagi di masyarakat perkotaan yang mempunyai tingkat kesibukan yang lebih tinggi. Dengan kesibukan yang cukup padat, tentunya untuk sekedar berolahraga maupun memasak makanan sehat sendiri cukup sulit dilakukan.

Karenanya bisnis atau usaha catering makanan sehat kian menjamur di kalangan masyarakat perkotaan. Dari peluang ini tentunya tidak ada salahnya jika Anda ikut ambil bagian dalam mencoba peruntungan di usaha catering makanan sehat.

Akan tetapi kita juga tahu bahwa memulai dan menjalankan sebuah usaha termasuk usaha catering tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu pengetahuan yang cukup, modal dan ketekunan untuk menjalaninya. Akan tetapi jangan berkecil hati lebih dulu, bila Anda ingin memulainya mari kita simak beberapa kiat dan tips berikut.

Gambaran Modal dan Keuntungan Usaha Catering Makanan Sehat

Seperti halnya usaha catering pada umumnya, catering sehat juga cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga sebab bisa dilakukan secara rumahan. Selain bisa tetap mengurus anak dan pekerjaan rumah, bisnis ini juga bisa menjadi sumber pemasukan baru untuk menopang ekonomi keluarga.

Bila Anda sudah cukup yakin untuk memulainya, tentunya Anda harus tahu gambaran modal awal dan keuntungan yang akan di dapatkan nantinya. Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran modal dan keuntungan dalam usaha catering makanan sehat rumahan untuk ibu rumah tangga :

1. Modal Awal

Sebagai gambaran, kita akan memulai usaha catering makanan sehat ini dengan 100 porsi makanan sehat, maka berikut gambaran modal yang Anda butuhkan :

Jenis Barang Harga Jumlah Total
Tempat makan. Rp 5.000 100 Rp 500.000
Sendok dan garpu plastik 1 set berisi 25. Rp 6.500 5 Rp 32.500
Sticker untuk nama dan logo. Rp 300.000 Rp 300.000
Tas belanja kertas. Rp 500 200 Rp 100.000
Bahan makanan serba organik (4 menu) Rp 3.000.000 Rp 3.000.000
Total Rp 3.932.500

Bila Anda ingin memulainya dari 100 porsi setidaknya modal awal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 3.932.500 atau bisa kita bulatkan menjadi 4 juta. Agar modal tidak bertambah besar kita bisa menggunakan peralatan dapur yang sudah dipunyai sehingga tidak perlu membelinya lagi.

Namun bila kita benar-benar tidak mempunyai modal, kini telah hadir fintech Amartha yang memberikan kemudahan permodalan untuk UMKM. Investasi UMKM Amartha difokuskan untuk usaha yang dijalankan langsung oleh ibu rumah tangga. Dengan membuat kelompok usaha, dapatkan pinjaman modal dengan mudah dan bunga yang ringan.

Manfaatkan pula program #100RibuSejutaPeluang yang tengah dilakukan oleh Amartha. Amartha berkomitmen untuk mengembangkan UMKM guna menciptakan Sejuta Peluang usaha yang dapat memberdayakan sebanyak mungkin perekonomian keluarga Indonesia.

2. Perkiraan keuntungan

Umumnya tiap 1 box catering makanan sehat Anda jual seharga 50 ribu, lantas berapa keuntungan yang bisa didapatkan? Perlu diketahui, harga ini tentunya masih bisa berkurang bila seseorang menjadi pelanggan tetap catering sehat Anda. Sebagai gambaran, berikut keuntungan yang akan didapatkan bila 100 box tersebut laku terjual :

Harga tiap Porsinya Harga Jumlah Total 
Penjualan Rp 50.000,00 100 Rp 5.000.000,00
Modal awal   Rp 3.932.500,00
Keuntungan Penjualan – modal awal (Rp 5.000.000,00 – Rp 3.932.500,00) Rp 1.067.500,00

Bila dijadikan dalam persen, maka keuntungan yang akan diperoleh adalah sekitar 30%. Namun yang patut diperhatikan disini adalah pastikan modal awal diputar kembali untuk membeli bahan baku yang berkualitas baik. Hal ini penting untuk menjaga kualitas catering makanan sehat Anda.

Tips Memulai Usaha Catering Makanan Sehat Untuk Pemula Agar Sukses

Meskipun keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar, namun jangan berkecil hati sebab kita bisa melakukan beberapa tips berikut agar bisnis Anda bertahan dan mempunyai banyak konsumen tetap. Berikut kiat dan tips bila Anda ingin memulai usaha catering makanan sehat :

  1. Tentukan target pasar yang ingin Anda dapatkan agar masakan sapat disesuaikan dengan selera calon konsumen. Sebagai contoh untuk masyarakat di kota besar kita dapat memadukan masakan Indonesia dengan western.
  2. Jaga kualitas makanan dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas, jaga pula kepercayaan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik.
  3. Sebagai nilai tambah, Anda bisa mencantumkan kandungan kalori dan gizi makanan pada box catering. Dengan begitu konsumen akan mempunyai gambaran kandungan apa saja di dalam makanannya.
  4. Gunakan platform online seperti media sosial, website / blog hingga aplikasi seperti GoFood, Grab Food hingga Shopee Food untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan begitu cakupan pasar Anda akan lebih luas lagi, jangan lupa gunakan pula foto asli yang semenarik mungkin.
  5. Berikan promo maupun diskon spesial dengan syarat tertentu untuk menarik minat konsumen.
  6. Beri harga spesial untuk mereka yang menjadi konsumen tetap Anda.
  7. Hal terakhir adalah pastikan Anda mempertahankan cita rasa makanan agar tidak membuat konsumen kecewa. Bila usaha semakin berkembang dan membutuhkan tenaga tambahan, pastikan karyawan bisa mempertahankan cita rasa yang telah Anda bangun.

Demikian gambaran bila Anda ingin memulai usaha catering makanan sehat mulai dari modal, keuntungan hingga tips dan kiat khususnya. Selain membuka sebuah usaha, bila Anda mempunyai modal yang ingin diinvestasikan untuk pemberdayaan UMKM, Amartha juga menyediakan layanan untuk berinvestasi tersebut.

Mulai dari 100 Ribu Investasi dari Anda sudah dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan UMKM Indonesia. Cukup kecil bukan, Anda bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu saja dalam program #100RibuSejutaPeluang Amartha. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi saja Amartha.com dan dapatkan kemudahan berinvestasi pada sektor UMKM Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.