Macam Macam Darah Wanita

Macam Macam Darah Wanita Ada 3, Apa Saja?

Macam macam darah wanita menurut para ulama ternyata bukan hanya satu saja. dimana darah yang keluar dari rahim tersebut terdiri dari tiga macam. Berdasarkan kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid karangan Ibnu Rusyd menjelaskan bahwa darah yang keluar dari rahim wanita ada tiga jenis.

Macam macam darah wanita tersebut diantaranya ialah darah haid, kemudian darah istihadhah, dan yang ketiga ada darah nifas. Nah agar kamu lebih paham mari kita bahasa satu per satu dari ketiga macam darah tersebut. Tujuannya agar kamu bisa membedakan diantaranya dan kamu tidak meninggalkan kewajiban akibat keluarnya darah itu.

3 Macam Darah Wanita yang Harus Kamu Bedakan

Seorang wanita pada dasarnya bisa mengeluarkan macam macam darah dari rahimnya. Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya bahwa ada tiga jenis darah yang bisa keluar. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis tersebut yang penting untuk kamu ketahui:

  • Darah Haid

Secara teori fiqih berdasarkan keternagan fuqaha, darah haid merupakan darah yang sudah sewajarnya keluar, yang mana kita sebut dengan darah bulanan. Artinya darah yang keluar atau asalnya dari kemaluan wanita yang sedang dalam keadaan sehat.

Nah secara umum keluarnya darah haid akan berlangsung selama 3 hingga 7 hari atau paling lama 14 hari selama menstruasi. Untuk siklusnya kurang lebih 21 hingga 35 hari sekali. Darah haid sendiri juga bisa kita klasifikasi ke berbagai macam berdasarkan aromanya dan juga warnanya. Dimana biasanya wanita satu dengan wanita lainnya punya warna dan aroma darah yang berbeda. Tergantung bagaimana pola hidup mereka, sehat atau tidak sehat.

Berdasarkan aromanya kita bisa membedakan darah haid menjadi aroma logam, aroma busuk, aroma bau ketiak dan juga bau amis. Sedangkan dari segi warna kamu bisa melihat bahwa ada darah haid yang warnanya merah kehitaman, coklat, merah menyala, merah pekat dan sebagainya.

  • Darah Istihadhah

Merupakan darah yang keluar dari rahim wanita akibat penyakit. Sehingga kita tidak bisa menyebut darah ini darah haid. Oleh karena itu hukum yang berlaku pun berbeda. Dimana ketika darah istihadhah keluar kamu harus tetap menjalankan kewajiban seperti sholat dan membaca Al-Quran.

Nah ciri-cirinya adalah warnanya cenderung merah, untuk aromanya yaa seperti darah biasa. Dimana darah ini asalnya dari urat yang pecah atau putuh dan ketika meluruh langsung kental. Perbedaan paling nyata dari darah haid ialah dari segi warnanya.

Darah yang keluar dari rahim bisa kita katakana sebagai darah istihadhah apabila keluarnya kurang dari tiga hari, atau bisa juga darah yang keluarnya sudah lewat dari 14 hari masa haid. Intinya darah tersebut keluar lebih dari kebiasaan darah haid maupun nifas.

Ingat yaa jenis darah ini termasuk penyakit yang secara medis kita kenal dengan menorrhagia sehingga harus kamu periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Darah Nifas

Macam macam darah wanita yang ketiga adalah darah nifas. Dimana jenis darah ini keluar setelah kamu melahirkan entah itu dengan cara normal maupun Caesar yaa. Lama keluarnya biasanya 4 hingga 6 minggu. Dan jangan khawatir untuk darah nifas biasanya keluar dengan warna yang berbeda setiap waktunya.

Normanya warnanya itu merah terang atau merah pekat di hari pertama, ada yang berupa gumpalan darah di beberapa hari pertama sesaah setelah melahirkan. Namun tentunya gumpalannya tidak banyak yaa apabila kita bandingkan dengan keseluruhan yang keluar.

Secara normal tahapan warnanya ialah darah warna merah pekat, semakin terang, lalu menjadi merah muda, kemudian coklat, ke kuning hingga jadi warna putih.

Nah gimana apakah sudah jelas macam macam darah wanita yang bisa keluar dari rahim. Ingat yaa apabila ada yang mencurigakan dari keluarnya darah tersebut kamu harus segera mencari informasi penindaklanjutannya. Entah itu cari informasi di website kesehatan maupun langsung datang ke dokter spesialis. Dan jangan lupa selalu jaga pola hidup kamu agar selalu sehat dan jangan mengkonsumsi sesuatu yang tidak sehat secara berlebihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *